Senin, 17 September 2018

Vegas pro tidak bisa render. (Penyebab dan solusi render macet)

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Kali ini aku akan ngasih tau salah satu  penyebab dan memberikan solusi masalah rendering video di sony vegas pro 16 . Ini berdasarkan pengalaman saya pribadi, berbeda dengan yang banyak dibahas di blog-blog lain, masalah ini saya kira bukan tentang CPU atau GPU yang harus saya pilih untuk proses rendering, karena saya sudah mencoba banyak tutorial yang ada di blog-blog yang hampir semuanya memberikan solusi yang sama.

Jadi awal mula masalah ini adalah ketika semalam aku selesai mengedit video saya yang berdurasi 13 menit (lihat hasilnya disini) , kebetulan pagi hari saya ada acara, jadi sebelum pergi aku berniat merender video tersebut, sudah . tapi sampai beberapa jam atau sampai sore , video tersebut belum selesai dirender dan notif prosesnya menunjukan angka sekitar 60%.

Saya sudah mencobanya lagi berulang-ulang, sampai mengganti beberapa kali kualitas rendering, juga mencoba banyak tutorial di internet, tapi tetap tidak memecahkan masalah malah menyebabkan kegagalan yang berbeda dengan sebelumnya.

Perlu diketahui yang sebelumnya adalah proses renderingnya Macet di beberapa % berjam-jam dan tidak bergerak kecuali Elapsed time nya terus bertambah , sedangkan Approximate timenya sampai 0 pun teteap tidak selesai proses rendernya. seperti gambar dibawah ini

ini cuma contoh ya. sebenarnya waktu itu sudah 60% lebih

Namun setelah saya otak atik mencoba beberapa tutorial di internet, yang terjadi adalah berbeda. Gagal rendering bukan macet di tengah-tengah proses melain kan Aplikasi sony vegas has stop working. seperti berikut




Dan beberapa kali mencobanya yang terjadi tetap saja sampai saya mencoba mengembalikan nya di default setting rendernya. Setelah saya beberapa saat mencoba memikirkannya saya mencoba beberapa langkah yang akhirnya memecahkan masalah, dan silahkan kalian mencobanya. yaitu :


  • Mennyatukan bahan-bahan video saya tersebut kedalam satu Folder.


jadi, sebelunya project media atau bahan video yang akan saya render tersebut berceceran, karena juga ada beberapa file audio yang masih ada difolder download dan lain-lain.


  • Saya  menghapus file Logo PNG yang saya pasang dari awal sampai akhir video, saya pikir Gambar ini terlalu berat dan panjang untuk dipasang diawal sampai akhir video ini.


Demikian lah 2 langkah yang saya gunakan untuk mengatasi maslah rendering yang saya ceritakan diatas. Saya tidak bisa memastikan Langkah mana yang membuat proses render saya berhasil, karena setelah melakukan 2 langkah diatas, render berikutnya langsung berhasil. Dan untuk memperlihatkan hasil videonya, saya akan share di akhir tulisan ini.

Jika mungkin teman-teman mempunyai masalah yang sama seperti yang saya sebutkan diatas, kalian bisa mencoba 2 langkah diatas, semoga berhasil...

Assalamualaikum Wr. Wb.


Hasil video render :


4 komentar:

  1. Terimakasih, informasi yang sangat bermanfaat. Sudah saya terapkan. Saya coba convert foto logo png ke jpg jadi bisa terrender.

    BalasHapus
  2. Saya juga lg gagal render di vegas 18, udh ngeditnya berhari2 lagi, mdhn2 cr ini berhasil. Thanks

    BalasHapus
  3. Masih sama renderingnya berhenti di angka yg 18%,
    ada solusinya lagi klau udah gini???

    BalasHapus