Rabu, 19 September 2018

Sulit Menurunkan Berat Badan? Ini hal yang perlu kamu tahu.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo teman-teman, kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya seputar menurunkan berat badab di Blog Nganjokes ini sesuai dengan pengalaman yang saya alami. 




  • Isu saat menurunkan badan 
Sebelum memulai membahas tekhnis tentang menurunkan berat badan , yang perlu kita tau bahwa menurunkan berat badan adalah bukan hal yang mustahil, soal sulit atau mudah itu tergantung kepada beberapa faktor, jika kalian menganggap faktor genetik atau keturunan itu membuat kita tidak bisa mendapatkan tubuh ideal, rasanya itu salah. Faktor genetik mungkin berpengaruh, tapi bukan berarti tidak bisa kan?



Berikut adalah keterangan dr. Irna Cecilia yang saya kutip dari web alodokter di halaman tanya jawab. :
" Genetik tertentu yang diturunkan dari orang tua memiliki peran dalam mengatur kecepatan metabolisme seseorang, level hormon tertentu seperti leptin (hormon yang mencegah rasa lapar), ghrelin (hormon yang membuat lapar), deposisi lemak, dan lain sebagainya yang berperan besar dalam menyebabkan seseorang menjadi gemuk atau kurus. "
tapi jangan khawatir, saya adalah seorang yang terlahir di keluarga yang mempunyai genetik gemuk. Ibu saya cukup gemuk dan tinggi, ayah saya gemuk tapi tak terlalu tinggi. Tidak ada yang tidak mungkin didunia ini.



Foto diatas adalah foto saya , foto A adalah ketika saya berusaha menurunkan berat badan selama 2 bulan tanpa pengetahuan, dan foto B adalah ketika saya berusaha mendapatkan tubuh ideal dengan pengetahuan selama 4 bulan setelah foto A. 



  • Menurunkan berat badan dengan instan???

Yang perlu diketahui adalah menurunkan berat badan dengan instan itu hanya bisa dilakukan dengan sedot lemak atau operasi. 



Jadi kalau ada obat yang menawarkan khasiat menurunkan berat badan dengan instan,sampai detik ini saya tidak pernah percaya, kecuali sianida, baygon, dan racun-racun semacamnya. Obat semacam itu mungkin memang membantu menurunkan badan, tapi mungkin hanya kurang dari 5% (kata sthephen hardy, seorang sarjana dari sidney di bidang medical terminology).


  • Bertambah atau berkurangnya berat badan
Ternyata bertambah dan berkurangnya berat badan bukan hanya tergantung pada jumlah lemak yang ada dalam tubuh kita, tapi otot juga mempunyai peran pada bertambah atau berkurangnya berat badan, jadi jika kalian tahu, binaragawan yang tubuhnya berotot itu ternyata kalo dihitung memakai rumus berat badan ideal yang umum, mereka akan tergolong orang yang kelebihan berat badan. 


ilustrasi diatas menunjukan bahawa kedua pria diatas memiliki berat badan yang sama, yaitu 250 pounds. jadi jika ingin menurunkan berat badan, pastikan berat badan yang hilang adalah berat lemak, bukan otot. Karena jika kelebihan berat badan kalian adalah berat otot, kalian tak perlu khawatir dengan masalah bentuk tubuh kalian. Karena bentuk fisik otot lebih padat dengan volume yang sedikit, sedangkan lemak adalah zat yang lebih ringan dan dengan volume yang lebar. sebagai perbandingannya kalian bisa melihat gambar dibawah ini :


gambar diatas adalah perbandingan lemak dan otot dengan berat sama, namun dapat kita lihat lemak memiliki volume yang lebih lebar. Maka dari itu orang yang memiliki lemak berlebihan cenderung terlihat lebih melar dibanding orang yang memiliki otot.


  • Penyebab lemak menumpuk pada tubuh
Yang perlu kita ketahui lemak itu tak sepenuhnya buruk, Lemak pada tubuh adalah bentuk dari cadangan kalori (mudahnya kita sebut energi) , jika sewaktu-waktu kalori dari apa yang kita makan tidak mencukupi untuk melakukan kegiatan, maka tubuh kita akan mengambil lemak tersebut untuk dijadikan energi. Dan ternyata lemak tersebut pun tercipta dari kalori yang kita makan, jika ternyara kegiatan sehari-hari kita lebih sedikit dari jumlah kalori yang kita makan, maka kalori yang tak terpakai tersebut otomatis akan disimpan dalam bentuk lemak. Hal itu lah yang menyebabkan terbentuknya Lemak dalam tubuh kita, yang menyebabkan bentuk tubuh kita melar.
  • Apa itu kalori dan Konsep TDEE
Kalori adalah satuan/kandungan yang ada dalam makanan, dan jika kita memakannya kalorilah yang akan digunakan tubuh kita sebagai energi untuk beraktifitas. TDEE (Total daily energy expenditure) atau kebutuhan kalori harian, coro jowone tenogo sing mbo butuhke sakbendinane. Jadi TDEE adalah satuan jumlah kalori/energi yang dibutuhkan seseorang setiap harinya. singkatnya jika kalian sehari makan melebihi jumlah TDEE kalian, kalian akan menambah jumlah lemak, dan sebaliknya, jika kalian makan kurang dari  jumlah TDEE kalian maka lemak yang ada pada tubuh kalian akan berkurang karena lemak pada tubuh kalian akan terpakai untuk mencukupi jumlah TDEE kalian. 

  • Berapa jumlah TDEE dan bagai mana menghitungnya
Setiap orang mempunyai jumlah TDEE yang berbeda, dan perbedaan jumlah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu jenis kelamin, usia, berat badan dan yang paling berpengaruh adalah aktivitas atau kegiatan sehari-harinya. Seorang yang duduk dikantor seharian tentunya mempunyai TDEE lebih rendah dibanding orang yang bekerja di proyek pembangunan, bengkel, pabrik, dan pekerjaan berat lainnya. Umumnya TDEE manusia normal dengan aktivitas sedang adalah 1500 - 2000 kalori yang dibutuhkan, sedangkan pekerja berat atau ketika orang sedang berolahraga, jumlah TDEE nya bisa mencapai 2000 - 3000 kalori yang dibutuhkannya. Tergantung seberapa berat kegiatan yang sedang di kerjakannya pada hari itu.  Untuk menghitung perkiraan TDEE kalian, kalian bisa mengunjungi situs tdeecalculator 


kalian cukup mengisi kolom data yang dibutuhkan untuk mengetahui TDEE . Pada kolom body fat %, adalah perkiraan prosentase jumlah lemak pada tubuh kalian ,biasanya dari kurus sekitar 10%-15%, gemuk 16%-30% dan obesitas mencapai 35% lebih, mungkin akan saya jelaskan lain waktu. Jika kita tidak bisa mengetahui body fat %, kosongkan saja dan kalian bisa mengetahui perkiraan TDEE harian kalian. 
  • Sudah diet tapi tetap gemuk


Jika kalian sudah mencoba diet tapi tetap gemuk, coba list lagi makanan apa saja yang kalian makan. Diet yang benar adalah bukan cuma tentang jumlah atau volume makanan yang kita makan, tapi tentang pola, menu dan total kalori yang kita makan. Faktanya adalah kalori bukan hanya tentang volume, melainkan 

-jenis makanan

Sebagai contoh adalah pisang dan biskuit or*o, mungkin kita tahu bahwa buah-buahan merupakan makanan yang sehat. Tapi tahukah bahwa perbedaannya dengan jenis makanan olahan lain sangat signifikan?



dalam, 100 gram pisang, kandungan kalori didalamnya adalah 80 - 100 kalori dalam satuan kcal. Sedangkan pada biskuit diatas dalam 100 gramnya mengandung 550 kalori dalam satuan kcal. Jika dihitung, dengan memakan 1 kg pisang kalian akan mendapatkan 800 - 1000 kalori, itu masih dibawah TDEE kalian jika jumlah TDEE kalian sekitar 1500-2000. Namun jika kalian makan 1 kg biskuit tersebut dalam 1 hari, 5500 kalori adalah jumlah yang berlebihan, walaupun mungkin kalian adalah pekerja berat yang membutuhkan 3000 kalori /hari, kalian akan menumpuk sisa kalori sekitar 2500 kalori yang akan menjadi lemak. 

-bahan makanan

Saya tidak mungkin menjelaskan detail tentang molekul-molekul apa saja yang ada didalam bahan makanan karena itu memang bukan bidang saya. Tetapi jika kita ingin mencari tahu, banyak situs web atau bahkan aplikasi android yang dirancang untuk menghitung jumlah kalori didalam makanan. Dalam kategori bahan, saya akan menyampaikan secara garis besar saja bahwa bahan makanan alami nabati maupun hewani seperti sayur, buah-buahan, kacang-kacangan, daging, susu dll cenderung memiliki kandungan yang rendah kalori dibanding bahan makanan olahan, seperti halnya tepung, minyak, susu atau daging kemasan dll. 

-cara pengolahan makanan

meskipun dari bahan yang sama, cara pengolahan termasuk faktor penentu kandungan kalori yang perlu diperhatikan. Sebut saja jika kita makan kentang rebus atau jagung rebus, dengan bahan yang sama, kalori yang kita dapatkan akan sangat  berbeda ketika kita makan kentang goreng (french fries) atau bakwan jagung. 



dari gambar diatas, bahan yang sama dengan pengolahan berbeda , kalori yang ada pada makanan tersebut sangat signifikan, yaitu sekitar 3 kali lipat. 

  • Mengetahui jumlah kalori dalam makanan
Tentunya seorang yang tidak mengenyam pendidikan di bidang kesehatan atau nutrisi tidak tahu menahu  soal jumlah kalori yang ada pada makanan yang kita makan sehari-hari. Namun itu bukan suatu alasan kita tidak memperdulikan baik buruknya makanan yang kita makan sehari-hari. Di era modern seperti saat ini, rasanya tidak sulit untuk mengetahui/mempelajari sesuatu. Untuk mengetahui jumlah perkiraan kalori dari apa yang kita makan, kita bisa mengunjungi website atau mendownload aplikasi penghitung kalori.


Seperti website atau aplikasi fat secreet misalnya, kalian cukup menuliskan jenis makanan dan website/aplikasi tersebut akan menampilkan jumlah kalori dan kandungan apa saja yang terdapat didalam makanan tersebut.


Beberapa hal diatas adalah pengetahuan seputar menurunkan berat badan dengan fokus membahas tentang naik turunnya berat badan berdasar kepada bertambah atau berkurangnya lemak dalam tubuh dan asupan kalori yang kita makan. dengan mengetahui dasar tersebut, saya yakin teman-teman sudah mulai memahami bagaimana berat badan kita bisa bertambah dan berukurang. Juga dengan memiliki pengetahuan dasar ini, saya yakin kalian juga akan mengerti pentingnya membangun pola makan dan memilih asupan makanan yang baik dan benar sesuai kebutuhan kalori untuk mendapatkan tubuh ideal.



Sekian dulu hal-hal dari pengetahuan dan pengalaman saya yang bisa saya bagikan , InsyaAllah jika nanti sempat, saya pasti akan membagikan detail perhitungan asupan kalori dan olahraga apa yang tepat dan dapat membantu menurunkan berat badan. Terimakasih sudah bersedia membaca artikel ini, semoga sehat selalu..

Wassalamualaikum. Wr. Wb. 



0 komentar:

Posting Komentar