Jumat, 29 Mei 2020

Meningkatkan retensi waktu tonton. Kejar 4000 jam tayang dengan cepat



Assalamualaikum Wr. Wb. 


Btw, seperti postingan terakhir di Fanspagae facebook youtuber indonesia info aku akan bahas retensi penonton, atau bagaimana caranya agar penonton betah menonton video kita sampai akhir,, 

retensi atau waktu tonton ini sangat bermanfaat untuk perkembangan channel kita gaes, aku bahas dikit ya..



waktu tonton selain bisa bermanfaat untuk mengejar syarat monetisasi yaitu 4000 jam tayang.. juga video dengan retensi atau waktu tonton yang bagus bisa mendapat rangking yang bagus pula dari algoritma youtube, dan berakibat video kita semakin di sebarkan di explore para penonton, di rekomendasikan, dan  juga mendapatkan rangking yang tinggi di pencarian.. 


ok langsung aja ke tips nya ya,.


  1. Buatlah video yang padat dan tidak bertele-tele. Jika channel kalian gaming, pastikan opening atau hal2 yang bersifat menunggu dihilangkan saja dari video, kecuali jika dibagian tersebut kalian bisa berinteraksi dengan penonton, dan kalian yakin bahwa itu menarik.. jika video tutorial, pastikan openingnya tidak terlalu lama dan langsung saja kemateri, dan mungkin untuk macam2 konten lainnya yang penting usahakan tidak ada part2 yang bertele2 dan mungkin tidak terlalu diinginkan penonton. kalian pasti bisa kira2 sendiri lah ya..

 

  1. buat cuplikan inti didepan video, taruh sebelum opening atau bahkan sebelum intro.. cuplikan inti ada

  2. lah materi yang paling utama yang ingin kalian sampaikan atau suguhkan kepada penonton.. hal ini memicu engagement secara psikologi,, jadi jika penonton sejak awal sudah tau bahwa video ini berisi materi inti tadi, pasti mereka akan lebih fokus dan menunggu part inti yang sudah kita taruh diawal tadi.

contoh, 

-jika video gaming berikan cuplikan di awal moment yang paling menarik atau paling epic.

-jika video tutorial, berikan cuplikan hasil dari tutorial yang kalian buat. misal tutorial membuat lampu tidur, beri cuplikan hasil lampu tidur yang sudah jadi diawal. 

  1. sisipkan b roll, apa itu b roll? adalah potongan video2 dari meme atau gambar yang relate dengan video kalian.. harus nyambung.. misalkan ketika ada sebuah moment lucu, sisipkan video orang ketawa. Dan ketika ada moment fail kalian bisa sisipkan meme gambar fail . hal ini membuat soft sock pada penonton supaya mereka tidak bosan menonton video kalian.


  1. theknik coping video, ini fungsinya sama seperti tips nomor 3. yaitu supaya penonton merasa dibawa oleh arus yang tidak monotone, sehingga mereka tidak bosan.. seperti apa croping video?? seperti ini, ini dan,,, iniiii,... kalian juga bisa menambahkan efek2 sesuai yang kalian inginkan.. 2 tips terakhir ini memang seputar video editing,, jadi buat kalian yang belum menguasai skill editing kalian bisa mempelajari tutorial2 editing sesuai software yang kalian gunakan.. banyak kok tutorial di youtube..



  1. terus mencoba.. karena semua youtuber yang channelnya bisa berkembang tidak langsung besar dalam sehari 2 hari, atau seminggu 2 minggu, bahkan bulan, ataupun tahun.. banyak kok youtuber2 yang butuh bertahun2 u
    ntuk mengembangkan channelnya.. so,, lets do it menn!!!


ok gitu aja 5 tips dari aku untuk meningkatkan retensi waktu tonton atau tips membuat penonton betah nonton video kita.. 


see you in next video,, jangan lupa like koment apapun tanyakan sesuatu.. dan tentunya subscribe untuk mendapatkan next pembahasan2 seputar youtube dan videografi.. 


0 komentar:

Posting Komentar