Senin, 17 September 2018

6 Hal yang harus di hindari youtuber pemula.


Assalamualaikum wr. Wb.



Jika kalian malas membaca, versi videonya ada di sini 


Sudah 10 bulan lamanya sejak terakhir upload video di channel Nganjokes.

Saya akui saya menyerah menjadi youtuber sejak regulasi baru youtube.
Yang mengharuskan channel kita mencapai 1000 suscriber dan 4000 jam tayang
untuk bisa mendapatkan iklan yang ditayangkan di video kita.

Awalnya, menjadi youtuber saya rasa adalah hal cukup mudah.
Setelah saya menerima email tentang regulasi baru youtube, monetisasi video channel nganjokes dicabut, dan ketika saya mengecek  akun adsense saya ternyata pembayaran iklan dari video saya sebelum ini ditarik oleh pihak gogle.

Dan maka dari itu, sepertinya saya benar-benar menyerah. Ya, memang rasanya pantas disebut menyerah sebelum berperang, walaupun memang waktu itu channel nganjokes ini memang masih baru, bisa dibilang masih coba-coba.

Setelah regulasi baru yang mungkin menurut youtuber pemula seperti saya itu cukup berat, saya mulai malas memikirkan ide konten, malas menshare video2 saya, malas untuk mempublikasi apapun tentang channel saya.

Dan sekarang saya memutuskan bahwa channel ini akan menjadi channel pribadi saya yang akan saya gunakan untuk sekedar suka-suka, jadi jika nantinya saya akan mengupload  video yang mungkin tidak bermanfaat atau tidak menghibur untuk teman-teman, saya mohon maaf.

Saya tidak akan lagi berusaha terlalu keras untuk membagikan video dichannel ini, untuk mencari  suscriber ataupun viewer.

Mungkin kalian heran kenapa saya berani memeberi judul tulisan ini “Tips dan Trik menjadi youtuber  pemula” sedangkan saya sendiri gagal menjadi youtuber??

Kalian boleh saja ga percaya tentang tips yang akan saya berikan berikut ini,
Tapi yang harus kalian tahu adalah memberikan tips ataupun motivasi adalah hak dari semua orang. Seorang ayah pasti ingin anaknya menjadi orang yang lebih baik dari nya. Bahkan yang menemukan lampu adalah Thomas Alpha Edison, bukan ayahnya.

Motivasi dan tips yang akan saya berikan kali ini sebenarnya singkat saja,
Supaya kalian sukses menjadi youtuber adalah tidak melakukan apa yang saya lakukan. Kenapa? Jika saya gagal menjadi youtuber dan kalian mengikuti apa yang saya lakukan, tentu saja hasil yang akan kalian dapatkan akan seperti apa yang saya dapatkan.

Kalo ingin berhasil, ya jangan lakukan apa yang orang gagal lakukan.

Dan berikut ini adalah hal-hal yang saya lakukan ketika membangun channel ini.

1. Menjadikan uang sebagai tujuan



Jadi youtuber memang bisa menghasilkan uang, tapi jika kalian membuat konten hanya untuk itu, bersiaplah untuk pusing dan buntu dalam menemukan ide-ide. Dan mungkin lebih buruk, mungkin kalian akan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan kalian, yang beresiko channel kalian akan di suspend. Tidak salah menjadikan uang sebagai tujuan untuk kita membuat konten, tapi kalo dijadikan satu-satunya tujuan, ya coba aja pasti kalian tidak akan mendapatkan kenyamanan dalam setiap prosesnya.. 

2. Tidak mencintai apa yang kita lakukan / kerjakan



Ini ada hubungannya dengan yang pertama. Karena saya mengejar penghasilan adsense, saya ingin segera mendapatkan uang yang banyak dari adsenese youtube. Sering kali saya merasa terpaksa memikirkan sebuah konten, terpaksa merekam video, terpaksa mengeditnya, dengan hanya uang yang jadi harapan saya. Jadi, cintailah apa yang kalian lakukan, berkaryalah dengan senang hati.


3. Tidak pede dengan konten yang akan kalian upload



Sebenarnya saya sudah punya banyak video materi yang belum diupload, karena merasa video itu  tidak cukup menarik, saya malas mengedit dan menguploadnya. Hal yang perlu kita ketahui adalah kita bukan produser film broo,, jadi sejelek apapun videonya, ya itu sebenarnya sah-sah saja untuk
Di upload di youtube, mungkin hanya akan sedikit yang akan menontonnya, tapi itu tidak akan merugikan siapa-siapa.

4. Terlalu menghiraukan omongan orang


Yang ketiga ini sedikit berkaitan dengan nomor 3, karena kita kadang tidak pede dengan karya kita karena penilaian orang lain. Inget bro, kita membuat channel bukan untuk orang-orang yang meremehkan kita. Mau dibully karena video kita jelek atau memalukan mungkin, itu tidak akan berpengaruh buruk untuk channel kita, malah mungkin akan menguntungkan, semakin banyak yang membuli kan berarti semakin banyak yang menonton, bukan begitu brader???

5. Lebih memilih mencari cara mendapatkan banyak view dan suscribe dibanding bagaimana kita belajar membuat konten yang berkualitas


Di awal channel youtube saya, waktu saya banyak saya gunakan untuk membagikan link video dan channel saya  di banyak sosial media dibanding mempelajari dan memikirkan konten yang akan saya buat selanjutnya. Yang perlu diketahui seorang kreator  terkenalpun akan selalu membuat kreasi konten baru , bukan hanya berharap viwer di segelintir videonya akan terus bertambah.

6. Salah persepsi dan ingin menjadi youtuber


Dengan menanamkan youtuber sebagai label yang ingin saya capai,  saya hanya memikirkan mempunyai channel youtube yang mempunyai banyak pengunjung tanpa memikirkan proses-proses yang ada didalamnya.
Yaitu membuat konten, meningkatkan kualitas channel, dan bisa memberikan manfaat atau bisa menghibur pemirsa channel . Jadi mulai sekarang coba ubah label youtuber menjadi conten creator, label conten creator rasanya lebih tepat untuk bisa terus menjadi label yang memberi semangat untuk terus berkarya di youtube.
                                                                        

Demikian teman-teman, saya rasa 6 hal diatas adalah hal-hal yang menyebabkan channel saya tidak berkembang. Dan jika kalian ingin mengembangkan channel kalian , maka hindari  6 hal yang saya sebutkan tadi.
Memang tidak ada yang menjamin kalian akan mempunyai channel yang sukses dengan tidak melakukan hal yang saya lakukan tersebut. Makanya saya menyebutkan 50% terbukti, karena masih ada hal-hal lain yang menjadi faktor yang menentukan keberhasilan kalian menjadi youtuber, atau conten creator maksud saya. Tapi minimal dengan tidak melakukannya , kalian sudah mencoba untuk menghindari kegagalan seperti yang saya alami.

Bukan hal yang mustahil untuk menjadi conten creator yang sukses. Yang mustahil adalah  mendapatkan apa yang kalian inginkan tanpa usaha dan perjuangan. Tetap semangat dan terus berusaha, saya doakan semoga kalian yang membaca tips ini akan sukses dengan harapan-harapan kalian.. Bukan hanya pembaca, tapi semua konten creator diseluruh indonesia yang terus berjuang dan berusa..

Wassalamualaikum wr. Wb.







2 komentar:

  1. Terimakasihh atas nasehatnyaa,,sangat memotifasi��

    BalasHapus
  2. Mohin Ijin materinys saya jadikan konten ya bang

    BalasHapus